Logo CV. SHOFA NATURINDO

Kencur

Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), tetapi mudah dibedakan dari daunnya.

Nama kencur dipinjam dari bahasa Sanskertakachora, कचोर, yang berarti temu putih (Curcuma zedoaria).[1]

Bunga kencur

Rimpang kencur

Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah. Bunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah, bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan[2].

Tumbuhan ini tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Kandungan Nutrisi

Komposisi kimia rimpang[3]:

  • pati (4,14 %),
  • mineral (13,73 %),
  • minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa
    • sineol,
    • asam metil kanil dan penta dekaan,
    • asam sinamat,
    • etil ester,
    • borneol,
    • kamphene,
    • paraeumarin,
    • asam anisat,
    • alkaloid dan
  • gom.

Manfaat kencur

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Nah, berkat banyaknya kandungan baik yang dimilikinya tersebut, berikut ini manfaat kesehatan yang bisa diberikan kencur:

  • Mengobati Batuk

Kencur sudah lama dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan batuk berdahak. Meminum ramuan kencur bisa melegakan pernapasan dan membantu menghentikan batuk berdahak lebih cepat. Bahkan, tanaman herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara, lho.

  • Meredakan Diare

Menurut penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, ekstra kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang cukup banyak. Karena itulah, kencur dipercaya menjadi salah satu pilihan pengobatan yang manjur untuk diare.

  • Menghilangkan Stres

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Itulah mengapa banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi.

Tips Mengolah Kencur

Untuk mendapatkan manfaat kencur di atas, kamu bisa mengonsumsi kencur yang sudah diolah dengan cara berikut:

1. Ditumbuk

Untuk mengobati influenza yang dialami oleh bayi, ibu bisa menumbuk rimpang kencur dan daunnya sampai halus. Tumbukan daun kencur juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala.

2. Disangrai

Untuk memanfaatkan rimpang kencur sebagai obat penghilang lelah, kamu bisa merebus rimpang bersama bahan-bahan lainnya, kemudian disangrai terlebih dahulu. Cara ini bertujuan untuk mengeluarkan kandungan-kandungan dalam kencur semaksimal mungkin.

3. Diparut

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kencur juga berkhasiat sebagai obat batuk alami. Cara mengolahnya adalah parut kencur terlebih dahulu agar kandungan kandungan dalam serat kencur bisa tercampur rata ketika dicampurkan dengan air hangat.

4. Mengunyahnya Mentah-Mentah

Kamu mungkin mengernyitkan dahi ketika membaca cara memanfaatkan kunyit yang satu ini. Nyatanya, mengunyah kencur mentah-mentah bermanfaat untuk mengobati radang lambung, lho. Kamu hanya perlu mengunyah dan menelan air sarinya saja tidak perlu menelan ampas dari rimpang kencur yang sudah dikunyah.

Tags: