Logo CV. SHOFA NATURINDO

Pasak Bumi

asak bumi atau tongkat ali (Eurycoma longifolia) adalah tumbuhan pohon berkhasiat yang dapat ditemukan di hutan-hutan Malaysia dan Indonesia bagian barat.

Akar pasak bumi terkenal berkhasiat sebagai afrodisiak, dianggap sebagai jamu untuk kejantanan pria.

Tumbuhan dapat mencapai ketinggian sehingga 10 meter di dalam rimbunan hutan dataran rendah. Biasanya, daunnya rimbun pada ujung batang. Kebanyakan pohon ini tidak bercabang, jika bercabang pun terlalu sedikit yaitu satu atau dua cabang saja. Bunganya tersusun padat pada tangkai yang bercabang, yang keluar dari pangkal daun.

Kandungan Nutrisi

Manfaat kandungan yang terdapat dalam pasak bumi bagi kesehatan:

  • Canthin: Berfungsi dalam menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.
  • Euryomanone: Berfungsi sebagai anti malaria.
  • Etanol: Berungsi sebagai afrodisiak.
  • Quasinoid: Sangat ampuh sebagai antileukemia dan prospektif untuk penderita penyakit HIV.

Khasiat yang menakjubkan dari setiap bagian pasak bumi sendiri yaitu:

  1. Daun pasak bumi: Dapat mengobati sakit perut.
  2. Akar tumbuhan: Sangat ampuh untuk mengobati demam, penyembuhan digusi atau gangguan cacing serta tonikum pasca melahirkan.
  3. Kulit batang: Untuk mengobati nyeri pada tulang dan pasca melahirkan.
  4. Bunga dan buah pasak bumi: Dapat mengobati penyakit disentri.

Manfaat pasak bumi

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pasak bumi kaya akan zat besi dan antibodi yang tinggi lho, guys. Zat antibodi ini sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu yang sedang merasa loyo dan kurang fit setelah aktivitas seharian bisa ni mencampur pasak bumi dengan kopi kesukaanmu. Badanmu pun akan terasa kembali segar.

2. Obat penurun panas

Semua bagian tubuh dari tanaman ini bisa dijadikan obat. Salah satunya adalah bagian akar yang memiliki kandungan quassinoid. Senyawa quassinoid yang diekstrak dari pasak bumi mempunyai khasiat antipiretik dan analgesik sehingga dapat berfungsi sebagai obat penurun panas dan penawar rasa sakit. Pas banget buat kamu yang lagi demam.

3. Obat malaria

Malaria adalah penyakit berbahaya yang bisa menyerang segala usia. Beragam upaya dilakukan untuk menyembuhkan penyakit akibat gigitan nyamuk ini. Kamu harus tahu, senyawa erikuimanon yang terdapat dalam akar pasak bumi disinyalir mampu mengobati penyakit malaria. Lebih dari itu, penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) pun mengungkapkan bahwa pasak bumi yang juga mengandung senyawa alkaloid kuassinoid ini bahkan mampu melumpuhkan plasmodium falcifarum, bakteri yang menjadi parasit malaria di dalam tubuh manusia.Nah, kamu yang sedang cari obat alternatif untuk malaria, bisa nih menjajal pasak bumi.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat lain pasak bumi juga bisa digunakan untuk mencegah serangan kanker, lho. Hal ini pernah diuji oleh peneliti Malaysia yang diterbitkan di Forest Research Institute of Malaysia. Penelitian itu menyatakan bahwa setidaknya ada 8 alkaloid yang ditemukan dalam akar pasak bumi. Satu di antaranya alkaloid yang berfungsi sebagai anti-kanker payudara.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan kamu terserang diabetes. Penyakit ini dikenal sangat kompleks dan dapat merusak organ-organ dalam tubuh yang lain.

Kamu yang sedang memiliki keluhan kadar gula dalam darah atau diabetes, disarankan mengonsumsi akar pasak bumi secara rutin. Cara mengolahnya pun tidak rumit. Apalagi saat ini sudah banyak produk-produk herbal yang menjual olahan dari pasak bumi.

6. Tonik sehabis melahirkan

Jangan salah, meski pasak bumi terkenal sebagai obat bagi kejantanan pria, ia juga bisa dijadikan tonik bagi perempuan setelah melahirkan. Pasak bumi adalah sumber energi instan yang juga dapat menstabilkan kondisi sel darah agar menjadi lebih baik. Vitalitas pun akan segera pulih.

Tags: